Membuat Toko Online Sederhana dengan WordPress dan DomaiNesia

By | November 6, 2016
image_pdfimage_print

Halo agan – agan semua ! Berjumpa lagi dengan saya si kriwil dari gua hantu wkwk.

Jadi mulai hari ini ane mulai ada niat buat jualan flashdisk di sekitar lingkungan kampus ane. Kebetulan di daerah ane belum terlalu banyak penjual flashdisk. Oh iya, ane kuliah di Universitas Trunojoyo Madura jurusan Manajemen *bukan promosi*.

Oke kembali ke topik awal, jujur ane bingung mau menggunakan media apa untuk melakukan promosi. Karena promosi menurut ane merupakan hal yang amat sangat penting dalam melakukan wirausaha. Disini ane terpikirkan beberapa solusi promosi yang bisa dilakukan di kampus ane. Diantaranya :

Setelah ane melakukan riset *ceilah*, akhirnya ane memutuskan untuk melakukan promosi dengan menggunakan website. Selain hemat dan tidak buang – buang kertas layaknya menggunakan pamflet, promosi melalui website juga cocok untuk ane yang sifatnya “malu ngomong di depan, padahal banyak yang mau di omongin”.

Nah, rencana promosi sudah dirancang. Sekarang ane harus tau tentang cara membuat website yang baik dan benar. Kebetulan ane suka banget bikin website pakai WordPress. Kenapa ane pilih WordPress ? Berikut alasan versi on the spot kriwillysme :

  • Tampilannya mudah dimengerti bahkan oleh orang awam sekalipun
  • Banyak plugin
  • Banyak tema
  • Gampang ngaturnya
  • masih banyak lagi dah.

Oke, sekarang rencana website sudah siap. Saatnya kita sekarang menentukan tempat untuk membeli domain dan hosting.

Kak, domain sama hosting itu apa ?

Jadi begini ya nak *sok guru banget*, bapak akan menjelaskan apa itu domain dan hosting :

  • Domain : Adalah sebuah nama “unik” untuk identifikasi alamat IP dari sebuah server komputer di internet. Sebenarnya, semua website di dunia ini memiliki web address berupa angka. Contohnya www.google.com. Misalkan blog ane nih, alamat IP nya 107.178.105.10. Nah domain kriwillysme.com ini fungsinya untuk memberi nama pada alamat IP blog ane. Jadi kalo mau buka blog ane di address bar ketik kriwillysme.com bukan 107.178.105.10
  • Hosting : Adalah tempat dimana kita menyimpan file – file yang diperlukan untuk website kita. Seperti gambar, file, video, dsb. Karena ane akan menggunakan WordPress untuk website ane, maka ane membutuhkan hosting yang cukup untuk menampung file – file WordPress.

Mahasiswa kayak ane identik dengan sering kurang dana, maka dari itu ane butuh layanan domain dan hosting yang murah, namun fiturnya wah. Setelah ane browsing sana sini, akhirnya ane bertemu dengan penyedia domain dan hosting yang murah dan terjangkau yaitu DomaiNesia. Dilihat dari namanya aja udah Indonesia banget ya 😀

Iseng – iseng cek websitenya (https://www.domainesia.com) mata ane tertuju pada sebuah tulisan yaitu “Instant Deploy WordPress” Hmm, apa ini ?

instantdeploy

Setelah ane klik, ternyata wah ! Fitur Instant Deploy yang ditawarkan oleh DomaiNesia ini sangat menarik, jadi saat kita membeli domain dan web hosting, maka otomatis WordPress sudah terpasang dan siap digunakan. Cocok banget nih buat ane dan temen – temen yang gak mau ribet pasang WordPress.

instant-deploy-domainesia

tinggal masukkan username dan password untuk WordPress, dan DomaiNesia will do the magic !

Lanjut – lanjut ke registrasi akun dan pembayaran, ane dibuat makin seneng sama DomaiNesia karena konfirmasi pembayarannya yang super duper cepat ! Gak kayak penyedia domain dan hosting lain yang harus nunggu beberapa jam bahkan sehari lebih buat konfirmasi pembayaran doang. Selain itu, fitur instant deploy-nya DomaiNesia juga beneran instant guys ! Ane langsung dapet konfirmasi melalui email bahwa WordPress sudah di install di domain ane (tokokriwil.com) dan siap digunakan. Wah asik nih !

Cara Membuat Toko Online Sederhana di WordPress

Kalau tadi kita sudah membahas bagaimana cara mendapatkan domain dan hosting yang murah dan terjangkau (serta curhatan ane), kali ini ane mau berbagi ilmu tentang bagaimana cara membuat toko online sederhana menggunakan WordPress. Toko online yang akan kita buat sederhana, lebih ke katalog. Namun tetap bisa melakukan transaksi di dalam website layaknya website e-commerce pada umumnya.

Yang pertama, buka Dashboard WordPress dengan cara mengetikkan namadomain.com/wp-admin, misalnya tokokriwil.com/wp-admin. Lalu masukkan username dan password yang telah dibuat sebelumnya.

cara-membuat-toko-online-dengan-wordpress_1

Jika sudah masuk kedalam Dashboard WordPress, arahkan kursor ke Menu Plugins, kemudian klik Add New.

cara-membuat-toko-online-dengan-wordpress_2

Setelah itu, masukkan kata kunci WooCommerce di kolom pencarian plugins lalu klik Search. Akan muncul banyak pilihan plugin yang bertuliskan WooCommerce, pilih yang terdapat tulisan 1+ Million install, kemudian klik Install Now. Jangan lupa klik Activate setelah instalasi plugin selesai.

cara-membuat-toko-online-dengan-wordpress_3

Setelah pemasangan plugin WooCommerce selesai, maka agan – agan semua akan diarahkan ke instalasi plugin WooCommerce, klik Let’s Go ! untuk melanjutkan.

cara-membuat-toko-online-dengan-wordpress_4

Yang pertama bagian Page Setup, jadi plugin WooCommerce ini akan membuat beberapa halaman agar plugin ini dapat bekerja dengan baik. Silahkan klik Continue untuk menuju tahap selanjutnya.

cara-membuat-toko-online-dengan-wordpress_5

Setelah itu, agan diminta memasukkan informasi dasar toko. Bisa disesuaikan seperti gambar dibawah ini. Klik Continue untuk melanjutkan.

cara-membuat-toko-online-dengan-wordpress_6Penjelasan :

  • Where is your store based : Lokasi toko agan
  • Which currency will your store use? : Mata Uang yang akan dipakai di toko agan. Pastinya Rupiah hehe, Dollar juga boleh
  • Currency Position : Letak mata uang, kanan atau kiri. Biasanya sih lebih familiar kiri (Left)
  • Thousand Separator : Tanda buat satuan ribuan. pake lambang titik (.)
  • Decimal Separator : Tanda buat desimal. Pake koma (,)
  • Number of Decimals : Kalau ane sih gak pake desimal, jadi diisi angka 0
  • Which unit should be used for product weights? : Satuan berat untuk barang, kalau ane sih pake kilogram (kg)
  • Which unit should be used for product dimensions? : Satuan panjang untuk barang, kalau ane sih pake centimeter (cm)

Masuk ke pengaturan pengiriman dan pajak. Jika toko agan mengirim barang, beri centang pada pilihan Yes, i will be shipping physical goods to customers. Jika toko agan menerapkan pajak penjualan, beri centang pada pilihan Yes, i will be charging sales tax. Klik Continue untuk melanjutkan.

cara-membuat-toko-online-dengan-wordpress_7

Masuk ke pengaturan pembayaran. Disini agan bisa memilih pembayaran yang akan digunakan untuk toko agan. Kalau ane pribadi sih lebih memilih COD dan BACS (Bank Transfer). Klik Continue untuk melanjutkan.

cara-membuat-toko-online-dengan-wordpress_8

Dan akhirnya, kita sampai di bagian terakhir dalam instalasi plugin WooCommerce ini. Agan bisa langusng membuat produk atau kembali ke dashboard WordPress.

cara-membuat-toko-online-dengan-wordpress_9

Itu tadi sedikit pengalaman saya membuat toko online sederhana dengan WordPress dan DomaiNesia. Buat agan – agan yang menunggu kelanjutan dari episode perjalanan ane membuat toko online, pantengin terus ya blog ane hehe.

Semoga bermanfaat !

One thought on “Membuat Toko Online Sederhana dengan WordPress dan DomaiNesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *