Cara Install Windows 8

By | March 29, 2014

Windows 8 adalah sistem operasi terbaru dari Microsoft yang dirilis bulan Oktober tahun 2012 lalu. Windows 8 dirilis untuk menggantikan Windows 7, meskipun banyak pengguna komputer lebih menyukai Windows 7 ketimbang Windows 8. Windows 8 hadir dengan antarmuka baru yang bernama Metro, yaitu tampilan start menu yang terbentuk dari kumpulan kotak – kotak.

Dalam tutorial kali ini akan kita bahas bagaimana cara install Windows 8 dengan mudah. Namun sebelumnya, mari kita lihat dulu spesifikasi komputer minimum agar komputer kita bisa menjalankan Windows 8 dengan lancar.

Prosesor : 1 GHz

RAM : 1 GB untuk versi 32-bit. 2 GB untuk versi 64-bit.

Ruang penyimpanan bebas : 16 GB untuk versi 32-bit. 20 GB untuk versi 64-bit.

Kartu grafis : Minimal sudah mendukung DirectX 9 dan driver WDDM 1.0

Resolusi layar : 1024 x 768

 

Berikut langkah – langkah bagaimana cara install Windows 8 dengan mudah :

Yang pertama adalah memasukkan media instalasi ke dalam komputer atau laptop. Lalu ubah pengaturan 1st Boot Device pada BIOS. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Sampai disini, klik Next, kemudian klik Install now.

Di tahap ini, Anda harus memasukkan license key yang Anda miliki. Jika Anda membeli sebuah license key yang asli, silahkan masukkan pada tahap ini. Dan jika Anda tidak memiliki license key yang asli, masukkan salah satu license key dibawah ini :

– XKY4K-2NRWR-8F6P2-448RF-CRYQH

– NG4HW-VH26C-733KW-K6F98-J8CK4

Bila sudah, klik Next.

Beri centang pada pilihan I accept the license terms. Kemudian klik Next.

Selanjutnya, pilih pilihan Custom: Install Windows only (advanced). Karena kita akan melakukan clean install Windows 8.

Sampai pada tahap ini, atur partisi untuk sistem dan data Anda. Untuk Windows 7 versi 32-bit Anda harus mengatur partisi untuk sistem minimal sebesar 16 GB. Sedangkan untuk versi 64-bit Anda harus mengatur partisi untuk sistem minimal 20 GB. Bila sudah, klik Next.

Tunggu saja tahap ini sampai komputer melakukan restart secara otomatis. Pastikan sesudah melakukan restart, Anda mengganti 1st Boot Device pada BIOS menjadi Harddisk dan bukan media instalasi Windows 8. Karena apabila tidak diganti, maka kita akan masuk ke dalam mode instalasi Windows 8 seperti pada tahap sebelumnya.

Tunggu saja tahap ini sampai selesai.

Komputer atau laptop Anda akan mengalami restart secara otomatis.

Sampai pada tahap ini, pilih warna favorit Anda untuk Metro UI, lalu masukkan PC name yang diinginkan. Bila sudah, klik Next.

Disini Anda akan diberikan dua pilihan, yaitu Use express settings dan Customize. Kalau saya lebih baik Customize agar kita bisa mengkustomisasi pengaturan komputer seperti pengaturan Windows Update dan sebagainya.

Anda akan dibawa ke pengaturan akun. Klik pilihan Sign in without a Microsoft account untuk membuat akun komputer lokal.

Apabila sudah, komputer akan melakukan finalisasi dari instalasi Windows 8. Tunggu saja tahap ini sampai selesai.

Selesai ! Anda sudah berhasil melakukan Windows 8 clean install pada komputer atau laptop Anda. Sekarang hal yang harus dilakukan adalah melakukan install driver dan aplikasi – aplikasi penting yang Anda butuhkan.

Itu tadi tutorial tentang bagaimana cara install Windows 8. Apabila Anda memiliki pertanyaan, silahkan tulis pertanyaan Anda di kolom komentar yang sudah disediakan. Akhir kata, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *